Jumat, 07 Juni 2013

keutamaan bulan rajab



Keutamaan bulan rajab
Kata rajab diambil dari “ tarjiibun”, yang artinya mengagungkan. Dan ada yang berkata, “ Al Ashobu”’sebab rahmat selalu di jatuhkan kepada mereka yang taubat dan menerbitkan sinar bagi mereka yang beramal. Ada yang mengatakan tuli,sebab dalam bulan tersebut tak terdengar peperangan.
Rajab adalah sebuah nama sungai di surga : airnya putih seperti susu, lebih manis lagi dari madu dan lebih sejuk dari es. Dan tidak akan tidak akan meminumnya kecuali orang yang ahli puasa rajab.
Nabi SAW. Bersabda “ bulan rajab adalah bulanya Allah, sya’ban bulanku dan ramadhan bulan umatku.”
Kata ahli isyarah : “ rajab terdiri dari tiga huruf : ra, jim, dan ba’. Ra adalah rahmat Allah, jim adalah usaha seorang hamba, dan ba’ adalah kebaikan Allah. Allah ta’ala berfirman : AKU menjadikan “usaha” hamba-Ku diantara rahmat-Ku dan kebaikan –KU.
Dari abu hurairah ra,bahwa Nabi SAW bersabda : “ barang siapa berpuasa di bulan rajab 27 hari. Dan akan ditulis puasanya sama dengan puasa 60 bulan .” dan pada bulan inilah malaikat jibril turun pertama kali kepada Nabi Muhammad saw dengan risalah-Nya, dan dibulan itu pula Nabi saw di isra’kan.
Ad yang berkata :” Allah memperindah bulan rajab dengan empat bulan. Demikian firman-Nya : “…………diantaranya ada empat bulan yang suci{ diharamkan berperang pada bulan bulan itu : Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah, Muharram,dan rajab}……” QS.At Taubah : 36

Tidak ada komentar:

Posting Komentar