Jumat, 07 Juni 2013

keutamaan sholat jum'at



                   Keutamaan sholat jum’at
Ketahuilah bahwa hari jum’at adalah hari yang agung. Allah mengagungkan orang ilam dan agama islam dengan hari jum’at. Berikut firman-Nya :
 “ hai orang orang beriman, bilamana kamu diserukan untuk sholat pada hari jum’at, maka hendaknya kamu pergi mengingat Allah(sholat jum’at), dan tinggalkanlah jual beli……”(QS. Al jum’ah : 9).
Allah mengharamkan diri untuk menyibukkan dalam urusan dunia atau sesuatupun yang dapat menjadi penghalang bagi kita untuk melaksanakan sholat jum’at.
Nabi saw. Bersabda : “ barang siapa yang meninggalkan jum’at sampai tiga kali tanpa ada uzur, maka, Allah akan menutup hatinya. “dlam arti “ orang ini telah membuang islam dari belakang punggungnya.
Ada seorang laki laki berdebat dengan ibnu abbas ra. Dia menanyakan ia menanyakan kepada ibnu abbas tentang laki laki yang mati dan tidak pernah jum’tan.ibnu abbas berkata “ maka ia akan masuk neraka “.
Pria tersebut masih kesana kemari menanyakan status pria yang dimaksud, dan tetap dikatakan : “ dia masuk neraka “
Hadis annas ra, bahwa Nabi saw bersabda : “ jibril datang padaku, ditanya ada cermin putih, dia berkata : “ ini adalah hari jum’at, tuhanmu mewajibkan padamu agar menjadi hari raya untukmu dan untuk umatmu sepeningggalanmu”.
Hari jum’at adalah pemimpin semua hari, dan kelak pada hari kiamat kita akan menyebutkan sebagai hari tambahan. Nabi saw bersabda : “ sesungguhnya Tuhanmu Azza Wajalla membuat lembah yang baunya amat semerbak dan putih warnanya. Bila datang hari jum’at, maka Allah akan turun dari  Illiyyin menuju kursi-Nya dan melihat mereka, sampai mereka bisa memendang Dzat-Nya yang maha agung “.
Nabi saw bersabda : “ sebaik baik matahari terbit adalah hari jum’at. Hari itu adam di ciptakan, dimasukkan ke surge, diturunkan ke bumi, diterima taubatnya, hari kematianyya dan hari akan datangnya hari kiamat. Hari itu menurut Allah adalah hari tambahan. Pada hari itu malaikay bisa menyebut di langit, dia adalah hari dimana bisa memandang Allah dalam syurga.”
Riwayat annas ra. Bahwa Nabi saw bersabda : “ bilamana di hari jum’at selamat, maka akan selamat semua hari.
Sabda Nabi saw : “ barangsiapa yang mati pada hari jum’at atau malam jum’at, maka pahalanya ditilis seperti matinya syahid, dan akan dijauhkan dari siksa (fitnah) kubur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar